play_arrow

keyboard_arrow_right

Listeners:

Top listeners:

skip_previous play_arrow skip_next
00:00 00:00
playlist_play chevron_left
volume_up
chevron_left
  • play_arrow

    Radio MSK 1530AM Dengar dan Amalkan

  • cover play_arrow

    Live! RadioMSK

Health

Buah Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

todayFebruary 5, 2023 28

Background
share close

Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel. Sekitar 25% dari kolesterol yang dihasilkan di dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Sebenarnya, kolesterol memiliki sejumlah fungsi yang baik untuk tubuh, yaitu sebagai pelindung sel-sel tubuh, pembentuk hormon, membantu produksi vitamin D, komponen pembentuk asam empedu, hingga komponen yang dibutuhkan sebagai sambungan koneksi antar sel saraf otak. Namun, jumlah kadar LDL yang melonjak tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, salah satunya adalah penyakit jantung. Maka dari itu, pemilihan makanan sangat penting dilakukan bagi penderita kolesterol.

Buah-buahan adalah salah satu makanan yang dapat dijadikan pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut buah-buahan yang dapat menjadi alternatif obat bagi pengidap kadar kolesterol tinggi, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Apel

Buah penurun kolesterol paling ampuh pertama adalah apel. Buah ini memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalamĀ European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

2. Alpukat

Selain untuk diet, alpukat juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

3. Berry

Buah berry, seperti blackberry, blueberry, raspberry, delima, dan stroberi juga diklaim sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh. Pasalnya, buah-buahan ini mengandung kaya akan serat larut dan rendah gula yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Buah lainnya

Adapun buah lainnya yang juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, seperti pisang, jeruk, pir, dan plum, lantaran memiliki kandungan tinggi serat larut yang membantu mencegah saluran pencernaan menyerap kolesterol.

Written by: admin

Rate it

Previous post

News

Keutamaan Bulan Rajab

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang diagungkan oleh Allah SWT. Berdasarkan kalender Islam 1444 H, bulan Rajab tahun ini jatuh pada Senin, 23 Januari 2023 lalu. Tanpa terasa, kaum muslim kini sudah menapaki bulan Rajab, bulan ketujuh dalam kalender Islam atau dua bulan menjelang bulan Ramadan 2023. Pada bulan yang dimuliakan Allah SWT ini, kaum muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah agar mendapatkan keutamaan di bulan ini. Keutamaan Bulan Rajab, […]

todayFebruary 5, 2023 16

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
× How can I help you?