play_arrow

keyboard_arrow_right

Listeners:

Top listeners:

skip_previous play_arrow skip_next
00:00 00:00
playlist_play chevron_left
volume_up
chevron_left
  • play_arrow

    Radio MSK 1530AM Dengar dan Amalkan

  • cover play_arrow

    Live! RadioMSK

Technology

6 Tanda Penyusup Cyber ​​Menginfeksi Ponsel Anda dan Cara Memperbaikinya

todayJuly 16, 2022 39 1

Background
share close

Kecuali Anda adalah salah satu dari orang-orang langka yang menghindari penggunaan ponsel, Anda berjalan-jalan dengan bom dunia maya di saku Anda.

Malware smartphone adalah ancaman yang terus berkembang. Lebih dari 5 miliar orang menggunakan ponsel di seluruh dunia. Lebih dari 90% dari orang-orang tersebut mengandalkan ponsel pintar atau internet dengan rata-rata 40 aplikasi terinstal di setiap ponsel.

Pada akhir tahun ini, lebih dari 200 miliar aplikasi akan diunduh dari toko aplikasi virtual. Di situlah letak bahayanya.

Toko perangkat lunak resmi yang dikontrol Apple dan Google waspada dalam menyingkirkan aplikasi yang tidak aman. Tetapi banyak pengguna ponsel mengandalkan repositori unduhan jahat dan pihak ketiga yang dibanjiri malware menular.

Ancaman tidak berakhir di toko aplikasi. Penjahat dunia maya memiliki kotak peralatan yang penuh dengan metode untuk menyelipkan malware seluler berbahaya ke ponsel Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs web yang salah, mengeklik tautan yang disematkan dalam email atau pesan teks, atau membuka dokumen terlampir untuk mengaktifkan jebakan dunia maya.

Ketahui Risikonya

Malware seluler adalah masalah keamanan siber yang berkembang. Ini dapat mengakibatkan pencurian dan penjualan data pribadi Anda selanjutnya.

Adware sekarang adalah penyebab 42% malware seluler baru di seluruh dunia. Ancaman malware perbankan, terutama pada perangkat Android, meningkat hingga 80%.

Memiliki sebagian besar aplikasi antivirus gratis atau bahkan berbayar di ponsel Anda tidak banyak berguna untuk mendeteksi atau mencegah serangan cyber yang canggih, menurut laporan terbaru mengenai keamanan perusahaan. Hampir setengah dari program antivirus Android gratis tidak mendeteksi malware secara efektif.

Keamanan iPhone juga tidak bisa tidak ditembus. Meskipun malware Android jauh lebih umum daripada infeksi iOS, penjahat dunia maya mendapatkan akses yang lebih baik ke iPhone. Kedua platform rentan terhadap malware yang membuka pintu belakang ke ponsel melalui pesan teks dan pertukaran file bersama lainnya.

Penjahat dunia maya menginginkan data Anda. Sebagian besar malware seluler dirancang untuk mengintip data digital Anda untuk mencuri berbagai nama pengguna dan kata sandi Anda. Itu membuat mereka masuk ke rekening bank Anda.

Tapi pencuri cyber tidak berhenti di situ. Mereka juga memiliki perangkat lunak invasif yang memungkinkan mereka mengintip audio dan video Anda, dan melacak lokasi Anda.

Apa yang harus dilakukan

Mulailah dengan menghilangkan beberapa celah dalam cara Anda menggunakan ponsel cerdas Anda. Anda ingin mempersulit penjahat dunia maya untuk memanfaatkan Anda. Titik awal yang bagus adalah memeriksa aplikasi yang Anda instal.

Ponsel Android

Buka panel pengaturan dan buka bagian izin. Lokasi tepatnya akan bervariasi berdasarkan versi Android yang diinstal dan antarmuka pengguna (UI) apa pun yang digunakan oleh pabrikan ponsel.

Secara umum, Anda dapat pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Lihat semua Aplikasi. Kemudian ketuk nama aplikasi dan gulir ke bawah daftar untuk mengetuk Izin.

Periksa setiap aplikasi untuk izin yang diberikan secara default. Hapus semua kecuali yang dibutuhkan aplikasi. Pertanyaan mengapa akses ke kamera, mikrofon, dokumen, dan foto diperlukan. Ini adalah cara pengembang aplikasi mengumpulkan data Anda untuk memonetisasi perangkat lunak.

Pastikan untuk mengaktifkan opsi untuk menghapus izin dan mengosongkan ruang untuk aplikasi yang tidak digunakan. Lebih baik lagi, tekan lama pada nama aplikasi untuk menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan.

iPhone

Buka Pengaturan > ID Apple > Kata Sandi & Keamanan

Cari tahu melalui item menu untuk mengatur opsi pilihan Anda. Terutama fokus pada bagian Aplikasi Menggunakan ID Apple. Di sinilah Anda dapat menemukan aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun Anda, seperti aplikasi kebugaran atau email.

Buat daftar ini singkat. Pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan dengan menyentuh tombol Edit dan ikon merah “hapus”.

Terinfeksi Malware?

Jadilah curiga pada tanda pertama ponsel Anda berperilaku aneh. Baik platform smartphone Android dan Apple menghadirkan serangkaian gejala umum yang sama untuk menunjukkan malware mungkin berperan di dalam perangkat Anda.

Ini membantu jika Anda mengetahui aplikasi terbaru yang Anda instal dan dokumen atau tautan teks yang Anda buka. Pengetahuan ini dapat membantu Anda memecahkan masalah potensi malware.

Jika ponsel Anda memiliki satu atau lebih dari enam gejala ini, penyebabnya mungkin malware:

1. Pesan dan pop-up yang tidak biasa
Pesan yang tidak pantas atau pop-up iklan yang tidak diinginkan adalah tanda pasti dari malware atau spyware seluler.

2. Judul di laci aplikasi atau perpustakaan yang tidak Anda kenal
Lakukan pencarian internet untuk judul. Ini mungkin menunjukkan apakah aplikasi tersebut aman. Hapus semua judul aplikasi yang tidak dikenal.

3. Performa lambat
Ini mungkin berarti bahwa Anda hampir kehabisan RAM yang tersedia (memori akses acak). Hapus aplikasi yang tidak digunakan dan mulai ulang ponsel Anda. Jika kelambatan tetap ada, curigai malware.

4. Penggunaan internet yang tinggi dan/atau peningkatan konsumsi baterai
Kedua gejala ini sering berjalan beriringan ketika malware berjalan di perangkat. Lihat di bawah untuk cara melakukan reset sistem untuk menghapus memori dan penyimpanan Anda, menghapus malware juga.

5. Kebisingan yang tidak biasa atau statis pada koneksi telepon Anda
Ini adalah tanda bahwa aplikasi pengawasan sedang mengintai percakapan telepon Anda.

6. Pesan voicemail atau pesan teks aneh
Menerima pesan dan panggilan dari pihak yang tidak dikenal adalah indikator utama bahwa akses ke ponsel Anda terganggu.

Hapus Malware

Menyetel ulang atau memulihkan ponsel cerdas Anda adalah salah satu solusi paling efektif untuk menghapus dugaan malware. Lakukan ini sebelum Anda membuang waktu dan uang untuk membeli dan mengunduh apa yang disebut solusi keamanan seluler. Seperti kebanyakan penghemat baterai dan aplikasi penghapus memori, mereka tidak berguna.

Setelah selesai dengan langkah-langkah ini, Anda perlu mengatur telepon Anda lagi.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang ponsel cerdas Android Anda:

Pastikan data Anda dicadangkan ke Google Drive atau solusi yang sebanding (lihat di bawah). Mencadangkan ke Google Drive bukanlah persyaratan, tetapi ini adalah cara yang mudah. Anda perlu membuat cadangan setidaknya data pribadi Anda. Jika tidak, salinan data Anda yang ada di perangkat sebelum melakukan reset tidak akan ada lagi.

*Buka Pengaturan dan pilih Sistem
*Pilih Setel ulang opsi
*Pilih Hapus semua data (reset pabrik)
*Pilih Atur Ulang Telepon di bagian bawah
*Pilih Hapus Semuanya saat diminta untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin melakukan reset pabrik.
*Unduh dan pasang kembali aplikasi Anda dari Google Play

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang iPhone Anda:

Cadangkan data Anda menggunakan iCloud atau solusi lain yang tercantum di bawah ini. Namun, pastikan bahwa data iCloud yang Anda simpan tidak terinfeksi.

*Buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone
*Ketuk “Hapus Semua Konten dan Pengaturan” untuk menghapus semua aplikasi dan data — sekali lagi, pastikan *Anda telah mencadangkan data Anda ke iCloud atau drive lokal!
*Mulai ulang iPhone Anda dan atur lagi
*Unduh dan instal aplikasi Anda lagi dari App Store

Written by: admin

Rate it

Previous post

General

Menambahkan garam ke makanan Anda di meja terkait dengan risiko kematian dini yang lebih tinggi

Juli 2022 Sumber: Masyarakat Kardiologi Eropa Ringkasan: Orang yang menambahkan garam ekstra ke makanan mereka di meja memiliki risiko lebih tinggi meninggal sebelum waktunya karena sebab apa pun, menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari 500.000 orang, yang diterbitkan dalam European Heart Journal. Dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang menambahkan garam, mereka yang selalu menambahkan garam pada makanannya memiliki 28% peningkatan risiko kematian dini. Pada populasi umum sekitar tiga […]

todayJuly 12, 2022 41


Similar posts

Economics

Wakaf Sound System Untuk Rumah Allah

Masjid Agung Sunda Kelapa merupakan masjid kebanggaan warga Menteng. Dengan luas kurang lebih 1 hektar lahan, Masjid ini berdiri kokoh di jantung kota Jakarta. Ketua Dewan Pengurus MAsjid Agung Sunda Kelapa Bapak H. Setyanto P Santosa dalam sambutan penyerahan wakaf sound system untuk Masjid Agung Sunda Kelapa menyebutkan bahwa elemen […]

todayFebruary 19, 2022 26

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
× How can I help you?