play_arrow

keyboard_arrow_right

Listeners:

Top listeners:

skip_previous play_arrow skip_next
00:00 00:00
playlist_play chevron_left
volume_up
chevron_left
  • play_arrow

    Radio MSK 1530AM Dengar dan Amalkan

  • cover play_arrow

    Live! RadioMSK

Events

KAJIAN TASAWUF WUDHU

todayOctober 4, 2021 53

Background
share close

Sahabat muslim Masjid Agung Sunda Kelapa kembali mengadakan pengajian ba’dha magrib yang kali ini diisi oleh Prof. DR. KH. Nasaruddin Umar, MA. Kajian tasawuf kali ini membahas tentang hakekat pembersihan diri dengan wudhu karena wudhu merupakan salah satu rukun dalam shalat, shalat tidak syah bila kita tidak berwudhu atau wudhu kita kurang baik. Wudhu yang sempurna akan melahirkan shalat yang sempurna.

Menurut Prof. DR. KH. Nasaruddin Umar, MA ada sunah-sunah dalam berwudhu, pertama bila kita mengambil air wudhu disarankan menghadap ke kiblat, kedua membasuh anggota badan sebanyak tiga kali, ketiga membaca doa, keempat tidak berbicara. Bila dimungkinkan shalat wudhu dua rakaat setelah shalat tahiyat masjid. Salah seorang sahabat Nabi yaitu Bilal sangat menjaga wudhunya dan selalu melakukan shalat wudhu dua rakaat. Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kepada Bilal “wahai Bilal sebelum teman-temanmu masuk surga bunyi sandalmu sudah terdengar disurga apa rahasianya, Bilal menjawab barangkali akau melakukan apa yang lain tidak lakukan yaitu shalat sunnah wudhu”.

Nasaruddin Umar mengajak umat muslim untuk memperbaiki wudhu dari wudhu syariah meningkat menjadi wudhunya para sufi yaitu wudhu ahli tarekah. Bagaimana mengerjakan wudhu ahli tarekah? Selain melaksanakan wudhu yang kita biasa lakukan, kita menambahkan pertama membersihkan jiwa dari akhlak yang tidak terpuji. Kedua membersihkan rahasia dalam benak kita yang tersembunyi didalam diri kita yang hanya kita dan Allah SWT yang tahu. Inti dari wudhu tarekat adalah membersihkan luar dan dalam tubuh atau pikiran kita. (DJP)

Written by: radio msk

Rate it

Previous post

Communications

TEMPAT BERCERITA PASANGAN KITA

TEMPAT BERCERITA PASANGAN KITA Sahabat Muslim berumah tangga merupakan wujud dari kesempurnaan hubungan suami istri. Hakekat dari kesempurnaan hubungan pasangan dalam berumah tangga adalah memiliki keakraban, apa cirinya yaitu bila pasangan sudah saling bercerita, tempat ngobrol yang asik, tempat mencurahkan perasaan, tempat berbagi rahasia, inilah yang digambarkan dalam Al Quran Surat AL Baqarah ayat 187 “Hunna libaasul lakum wa angtum libaasul lahunn” Mereka adalah pakaian bagimu dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Bila suami istri sudah menjadi pakaian maka harus […]

todayOctober 2, 2021 33

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%
× How can I help you?